Motor Shogun |
Spesifikasi dan Harga Motor Shogun 110cc, Shogun 125cc Bulan Oktober 2016
Motor Suzuki Shogun merupakan motor bebek pertama ditanah air yang memakai mesin 4-tak, Motor Suzuki Shogun memiliki sejarah yang begitu panjang dan berlika-liku di pasar otomotif tanah air. Nama Shogun mulai digunakan PT Indomobil Niaga International (IMNI) sejak 1995, kala itu Shogun masih merupakan barang impor dari negri asalnya. Suzuki Shogun seterusnya dikembangkan di tanah air, dan mendapatkan respon yang cukup baik dari masarakat Indonesia. Motor Suzuki ini berjaya sampai tahun 2004 an, karna nyaris motor Bebek dari Honda dan Yamaha masih belum terkenal seperti sekarang ini. Melihat kesuksesan Suzuki Shogun 110cc 4-tak, Honda langsung meluncurkan Supra X 100cc kala itu, terus dilanjutkan Supra X 115cc. Setelah kemunculan Motor Honda Supra X, baru keberadaan Motor Suzuki Shogun mengalami penurunan penjualan dipasar. Nah kali ini bang ucok dari pusat motor mau bercerita tentang kilas sejarah Motor Suzuki Shogun, yang merupakan motor Bebek Suzuki yang sampai sekarang masih di produksi ulang.Untuk mengawali pembicaraan, bang ucok mulai dari mana ya? soalnya Motor Suzuki Shogun punya cerita yang cukup panjang gan, bayangkan mulai tahun 1995 masuk ke Indonesia dan mengalami beberapa kali perubahan hingga pada tahun 2014 lalu, Shogun diperbarui dan diberi nama Shogun Axelo. Dalam rentang waktu 20 tahunan ini, motor ini mengalami pasang surut dipasaran. Mungkin karna ketatnya persaingan dipasar motor tanah air, tapi biarpun begitu Indonesia punya 2 merk Motor paling tua gan yaitu Shogun dan Honda Supra X yang merupakan kenangan tersendiri dalam perkembangan otomotif tanah air. Untuk mempersingkat waktu, bang ucok akan membahas sedikit tentang Motor Suzuki Shogun 110cc yang begitu penomenal gan.
Baca juga : Daftar Harga Motor Suzuki Terbaru 2016 Suzuki Nex ,Suzuki Sky Wave , Suzuki Spin ,Suzuki Hayate , Suzuki Inazuma 250
Motor Shogun |
Motor Shogun |
Motor Suzuki Shogun 110ccSaat pertama kali di keluarkan motor ini masih menggunakan rem teromol pada kedua rodanya, dengan mesin 110cc 4-tak. Body motor ini sama persis dengan suzuki tornado 2 tak, yang lebih terlihat gemuk dan besar serta desain aerodinamis menjadi andalannya waktu itu. Untuk masalah akselerasi, tenaga motor ini sudah tidak diragukan lagi gan karena motor bebek ini merupakan yang tercepat di jamannya. Untuk urusan desain juga motor ini terbilang paling bagus kala itu, karna kebanyakan motor masih menggunakan desain jadul.
Motor Shogun generasi pertama ini punya CDI yang banyak dicari para mekanik balap, karena motor ini memiliki non-limiter dan kuat. Material kruk as yang lebih kuat dan lebih stabil serta batang klepnya yang kuat, juga menjadi barang paling dicari oleh mekanik. Komponen lain yang diakui ketangguhannya antara lain rantai keteng juga kampas kopling yang awet. Begitulah sekilas tentang Motor Shogun generasi 90an, lalu motor ini diperbaiki pada tahun 2000an. Dengan menambahkan Rem cakram pada ban depannya, mesinnya juga mengalami perubahan gan, terutama pada kruk asnya. Bodynya juga diminimalis gan, mengingat Shogun sebelumnya yang berbody besar, dengan begitu motor ini kelihatan lebih ramping dan sporty. Shogun keluaran tahun 2000 ini bertahan sampai tahun 2003 gan, Karena pada tahun ini Suzuki merombak ulang lagi motor kesayangannya ini. Motor Shogun keluaran 2003 kurang diminati di tanah air gan, karna motor ini dikembangkannya di Tailand. Masarakat indonesia lebih memilih Shogun 110 cc keluaran tahun 2000, yang dikembangkan di tanah air.
Motor Suzuki Shogun 125ccMotor Shogun 125cc merupakan generasi keempat yang diluncurkan oleh Suzuki di tanah air, dengan mesin berkapasitas 125cc menjadikannya jadi ikon dan merajai pasar motor bebek tanah air kala itu. Untuk kelas 110cc Motor Suzuki Shogun digantikan Motor Suzuki Smash yang memiliki kapasitas yang hampir mirip dengannya. Menurut catatan yang saya telusuri, Suzuki berjaya dipenjualan motornya dari tahun 90an sampai 2005an, dan Suzuki Shogun merupakan salah satu pendongkrak penjualan motor suzuki. Dikala itu memang cuman Shogun dan Motor Honda Karisma yang berada di kelas 125cc, baru diahir 2004 Honda menaikkan cc Supra X jadi 125cc yang langsung jadi ikon masarakat karna terkenal keiritannya. Hingga sekarang Honda masih jadi penguasa motor di tanah air, Suzuki masih kalah bersaing gan tapi kualitasnya mah masih imbang-imbang aja.
Motor Shogun |
Motor Shogun |
Baca Juga : Harga Motor Seken Suzuki Paling Murah di Pasaran 2016 dan Harga Jual Suzuki Nex Terbaru 2016
Motor Shogun |
Mesin
Tipe Mesin : Silinder tunggal, 4 langkah SOHC berpendingin udara
Diameter x Langkah : 53,5 x 55,2 mm
Kapasitas Silinder : 124 CC
Rasio Kompresi : 9.6 : 1
Daya Maksimum : 9,6 ps / 8.000 rpm
Torsi Maksimum : 1.0 Kg.m / 6.000 rpm
Karburator : Mikuni VM 18 - 264
Saringan Udara : Elemen Kertas
Sistem Starter : Listrik dan Engkol
Dimensi
P x L x T : 1.905 x 715 x 1.075 mm
Jarak Antara As Roda : 1.220 mm
Jarak Mesin Ke Tanah : 135 mm
Berat Kendaraan : 107 kg
Tinggi Tempat Duduk : 770 mm
Transmisi
Kopling : Manual (SP) dan Otomatis (R)
Transmisi : 4 Percepatan, Rotari
Arah Perpindahan Gigi : 1-N-2-3-4 (manual), N-1-2-3-4-N (otomatis)
Final Gear : NT 14/35
Rangka
Tipe Rangka : Under bone
Suspensi Depan : Teleskopik, Per Spiral, Peredam Oli
Suspensi Belakang : Lengan Ayun, Per Spiral, Peredam Oli
Radius Putar : 1,9 m
Rem Depan : Cakram, hidrolis N290
Rem Belakang : Cakram, hidrolis N220
Ukuran Roda Depan : 70/90 - 17 M/C 38P
Ukuran Roda Belakang : 80/90 - 17 M/C 44P
Kelistrikan
Sistem Pengapian : Suzuki CD-CDI (Digital)
Busi : NGK C6HSA / ND U20FS-U
Accu : 12 (3,5Ah) 10 HR
Kapasitas bagasi : 7,0 Liter
Tangki Bahan Bakar : 4,3 Liter
Sekian dulu gan, sedikit informasi tentang Spesifikasi dan Harga Motor Shogun 110cc, Shogun 125cc 2016,, mudah-mudahan artikel ini bermanpaat buat kita semua.